Reserve

Back

The Gaia Hotel, Hotel Pertama di Bandung Dengan Sertifikasi ISO 22000:2018

Hotel News \

Menerapkan standar keamanan pada pangan merupakan salah satu hal yang utama bagi industri hotel.  Menyadari hal tersebut, The Gaia Hotel Bandung berkomitmen untuk menjalankan sistem manajemen keamanan pangan. Komitmen ini diwujudkan The Gaia Hotel Bandung dengan diraihnya sertifikat ISO 22000:2018 dan tentunya hal ini turut menjadi kebanggaan karena The Gaia Hotel merupakan hotel pertama di Bandung yang meraih sertifikasi ISO 22000:2018. 

ISO 22000 sendiri adalah sebuah standar internasional yang diakui secara global yang mengatur persyaratan Sistem Manajemen Keamanan Pangan dari hulu ke hilir, dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan standar keamanan pangan yang berlaku. “Dengan memiliki sertifikasi ISO 22000 ini, The Gaia Hotel ingin meningkatkan kepercayaan serta memberikan rasa aman bagi tamu dalam mengonsumsi makanan dan minuman di hotel. Selain itu, dengan menerapkan sistem ini, hotel/management dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi risiko terjadinya kesalahan produksi, atau kontaminasi makanan.” ungkap Novi Samodro selaku General Manager dari The Gaia Hotel Bandung. 

Ada beberapa tahapan yang dilakukan untuk memiliki sertifikasi ISO 22000, dimulai dari komitmen manajemen dalam menyediakan fasilitas sebagai persyaratan dasar, persiapan yang ketat dan melakukan pelatihan bagi seluruh karyawan yang terlibat, lalu tahapan implementasi dan audit internal untuk memantau, mengukur dan menganalisis aspek-aspek sesuai kepatuhan terhadap standar ISO 22000. Setelah itu audit eksternal dilakukan oleh TUV Rheinland Indonesia sebagai badan sertifikasi independen yang telah diakreditasi guna mengevaluasi keefektifan sistem, pemeriksaan lapangan, dan wawancara dengan karyawan untuk mengevaluasi apakah sistem manajemen keamanan pangan telah memenuhi persyaratan ISO 22000.

Sebagai hotel pertama di Bandung yang mendapat ISO 22000, tentunya membuat The Gaia Hotel Bandung menjadi hotel yang aman untuk semua tamu baik mancanegara maupun lokal yang peduli dengan kesehatan dan kualitas makanan.

Selain ISO 22000, The Gaia Hotel juga memiliki sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment) yang merupakan sertifikasi yang diberikan kepada industri pariwisata dan perhotelan yang telah memenuhi standar kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan lingkungan yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. Sertifikasi ini mencakup persyaratan seperti kebersihan, sanitasi, pengelolaan limbah, dan pemeliharaan sarana dan prasarana agar selalu dalam kondisi aman dan layak.